Kursus

maukemana-kursusbikinkueSetiap pekerjaan membutuhkan keahlian tertentu yang sifatnya unik. Karena itu, pekerjaan apapun sejatinya butuh keahlian. Setelah SMA, karena banyak faktor misalnya kurangnya biaya, atau ingin cepat kerja, banyak siswa-siswi yang kemudian memutuskan untuk meningkatkan keahliannya dengan kursus ketrampilan.

Tujuan Kursus

Tujuan kursus adalah meningkatkan keterampilan teknis yang siap pakai. Jadi kursus lebih banyak praktek daripada teori. Bahkan sering dilengkapi dengan magang atau praktek kerja. Jenis kursus yang bisa ditempuh pun banyak dengan biaya dan fasilitas yang bervariasi.

Berbagai Kursus Ketrampilan Pendukung Pekerjaan

Bagi mereka yang suka komputer bisa kursus desain grafis supaya bisa merancang logo, desain kaos, banner dan sebagainya.  Bisa juga bikin komik atau film kartun kalau kursus animasi 3 dimensi. Merancang website keren dipelajari di kursus desain web.

DIGITAL CAMERA

Buat yang suka mode ikutan aja kursus desain fashion, kamu bisa jadi desainer top. Kursus menjahit atau memasak pun bukan hal tabu untuk diikuti. Banyak penjahit bagus bisa berpenghasilan tinggi dengan membuka usaha menjahit di rumah. Begitu juga dengan koki atau chef yang bisa menyajikan masakan enak, bisa buka usaha sendiri atau kerja di restoran ternama.

Kursus lainnya yang populer karena mudah diterapkan untuk membuka  pekerjaan misalnya kursus kecantikkan, barber shop, kursus memasak atau membuat kuliner jajanan dan kue, kursus menjahit dll.

Masih banyak jenis kursus lainnya. Sesuaikan dengan potensi diri yang dimiliki. Pada umumnya biaya kursus lebih murah daripada kuliah. Waktunya pun lebih singkat. Ilmu dan keterampilan yang didapatkan bisa langsung diterapkan untuk melamar kerja atau buka usaha.

Kiat Memilih Kursus

Apa saja pertimbangan untuk memilih tempat kursus? Faktor-faktor yang menentukan antara lain : Jenis Kursus ,Biaya, Fasilitas, Lokasi, Waktu, Pengajar dan Jumlah Siswa .

  1.  JENIS KURSUS Ini pertimbangan utama yang harus Kalian tentukan lebih dahulu, baik untuk kursus keterampilan maupun kursus peningkatan kompetensi. Misalnya jika Kalian ingin mengikuti kursus misalnya keterampilan bahasa dalam waktu singkat, Kalian dapat memilih program regular. Dalam pemilihan jenis kursus harus disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana yang ingin dicapai
  2. BIAYA Hal lain yang juga perlu Kalian pertimbangan adalah biaya. Pikirkan biaya yang sesuai dengan kondisi keuangan Kalian. Biasanya tempat kursus dengan fasilitas dan kualitas yang bagus biayanya memang mahal. Tapi jika dibandingkan dengan ilmu yang Kalian dapatkan, biaya yang dikeluarkan tentu tidak terlalu berarti.
  3. FASILITAS Belajar dengan fasilitas yang lengkap dan mempermudah proses belajar memang asyik. Misalnya tempat kursus tersebut dilengkapi dengan kelas yang nyaman dan ber- AC, perpustakaan yang lengkap, dan ruangan audio visual. Biasanya dengan fasilitas ini belajar pun tambah semangat dan enjoy.
  4. LOKASI Pilihlah tempat kursus yang lokasinya tidak terlalu jauh tempat tinggal Kalian. Sehingga Kalian mudah menjangkaunya dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan. Tempat yang jauh dikhawatirkan akan menghabiskan waktu dan energi Kalian.
  5. WAKTU Aturlah waktu kursus sedemikian rupa. Pilihlah hari yang benar-benar Kalian bisa konsisten dari awal kursus sampai selesai dapat terus masuk tanpa ijin. Kalian akan rugi apabila tidak dapat masuk secara rutin kursus yang Kalian ikuti.
  6. PENGAJAR Poin yang satu ini amat penting bagi Kalian yang ingin cari tempat kursus. Karena tanpa pengajar yang bagus, mustahil Kalian dapat mencerna pelajaran dengan baik. Untuk itu, cari informasi tempat kursus mana saja yang pengajarnya berkualitas. Kalian bisa bertanya pada teman-teman yang lebih dahulu kursus. Bisa juga Kalian mencari lewat media online atau media cetak yang menyajikan informasi tersebut.
  7.   JUMLAH SISWA Belajar bersama di kelas memang seru. Tapi ingat, kalau terlalu banyak Kalian malah sulit konsentrasi. Kalau bisa, belajarlah dengan jumlah siswa paling banyak 10 sampai 15 orang. Jumlah ini cukup ideal untuk belajar di kelas, tidak kebanyakan dan tidak terlalu sedikit.