Nganggur

Menganggur atau jobless memang bukan suatu pilihan. Tapi apa boleh buat, jangankan yang baru lulus SMA, banyak juga pekerja akhirnya menganggur setelah terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena pekerjaan yang sudah tidak ada. Atau karena faktor eksternal misalnya turunnya harga BBM dunia  menyebabkan nilai kontrak proyek jatuh atau proyek dihentikan sama sekali.

menganggur-150121p

Ekonomi yang semakin sulit juga bisa menyebabkan banyaknya orang menganggur. Bagi yang baru lulus SMA menganggur mau tak mau dijalani karena berbagai pilihan yang ada sudah dicoba namun masih gagal. Pilihan akhir ini seringkali muncul karena tidak ada biaya untuk kuliah, tidak ada kesempatan atau peluang untuk bekerja, dan mau menikah juga tidak ada dana atau tidak ada orang yang hendak dinikahi alias masih jomblo.

Lalu, apakah kita harus menyerah dan menyia-nyiakan waktu sebagai modal besar yang dianugerahkan Sang Pencipta kepada semua makhluknya? Tentu tidak. Dan mudah-mudahan kita semua diberi semangat pantang menyerah untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk berbagai kegiatan positif. Apa saja yang bisa kita lakukan selama menganggur? Justru selama menganggur pilihan yang kita miliki lebih bebas. Apalagi di usia lepas SMA bisa dilakukan berbagai petualangan yang positif untuk mengisi waktu yang ada misalnya meningkatkan ketrampilan , minat atau hobi. Maka dari itu milikilah hobi yang bermanfaat misalnya mengambil kursus yang sesuai dengan minat kita. Tidak ada salahnya juga membantu di lembaga sosial, ikut kegiatan pemeliharaan lingkungan, belajar ilmu agama lebih serius, belajar berkebun, belajar berdagang dll.

 

Jadi demikian banyak aktifitas yang bisa dilakukan selama menganggur alias tidak bekerja secara formal ataupun tidak kuliah. Tapi harus ingat ISI WAKTU ANDA DENGAN KEGIATAN YANG POSITIF UNTUK MASA DEPAN ANDA. Sehingga setelah kita bisa mantap melakukan sesuatu misalnya bikin kaos distro dan ternyata menghasilkan uang, kegiatan masa menganggur itu bisa lebih diseriusi dan bisa lebih profesional menjadi suatu usaha yang berprospek cerah.

Don’t Give Up !
Premium WordPress Themes